Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Usul Pengalihan Anggaran Untuk Penanganan Corona

By BersatuNews.com 24 Mar 2020, 10:09:37 WIBPolitik

Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Usul Pengalihan Anggaran Untuk Penanganan Corona

Keterangan Gambar : Suasana Rapat Komisi B DRPD Kota Yogyakarta dengan perwakilan masyarakat/ Foto: Bersatunews.com


Kota Yogyakarta, Bersatunews.com - Komisi B DPRD mengundang Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kordinasi situasi sekarang dalam hal mengcover keuangan daerah untuk penanganan pandemic virus corona. Pemkot Yogyakarta sudah punya dana tak terduga 3, 5 miliar, dana tersebut sudah digunakan 2, 8 miliar, di antaranya untuk makan petugas yang menangani covid-19, penambahan peralatan kantor, obat-obatan, dan pembelian barang media habis pakai.

“Kami komisi B DPRD minta penambahan anggaran kepada BPKAD melalui skema penggeseran dana cukai rokok dari yang 5 miliar, sudah dikurangi BPJS 1, 3 miliar, sehingga sisa 3, 7 miliar yang akan dipusatkan di dinas kesehatan. Untuk memperlancar semuai ini, boleh penunjukan dilakukan dengan anggaran belanja 1, 5 miliar, belanja ini khusus barang dan jasa,” jelas Oleg Yohan, Wakil Ketua Komosi B DPRD Kota Yogyakarta usai rapat di ruang Fraksi NasDem, Senin Siang (23/01/2020).

Lanjut Oleg, Komisi B  mendorang Orang dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mendapat Jatah hidup (Jadup), dan hal ini akan dirapatkan BPKAD dengan dinas terkait. Kebijakan ini punya alasan kuat, ketika seorang mendapat status ODP atau PDP yang bersangkutan tidak kerja ketika dikarantina selama 14 hari. Oleh karena itu DPRD mendorong yang bersangkutan mendapat Jadup karena sudah bersedia mengkarantina diri sesuai standar kesehatan. Langkah ini sudah sesuai Permendagri nomor 20 tahun 2020 dan Inpres nomor 4 tahun 2020.

“Kami juga mendorong pembiayaan lain, sekiranya memungkinkan untuk digeser, termasuk Saya minta forum CSR mengalihkan pendanaan ke proses penanganan Covid-19. Meskipun penggunaan dana CSR sudah ada posnya, tapi pada situasi sekarang, kami berharap bisa dialihkan ke penanganan pandemi virus corona. Usulan ini akan ditindalanjuti melalui pertemuan forum CSR yang akan digelar segera mungkin,” tegas Oleg yang juga sekretaris Fraksi NasDem DPRD Kota Yogyakarta.

Masih penjelesan Oleg, pembuatan rumah sakit khusus penanganan corona termasukan usulan yang Komisi B ajukan kepada pihak Pemkot Yogyakarta. Usulan ini perlu dikaji ulang dan dipikirkan pihak Pemkot, namun langkah-langkah strategis perlu diambil dalam situasi sekarang. Langkah ini juga melihat kondisi ke depan, kalau dari pemerintah pusat kondisi darurat sampai akhir Mei keadaan sudah mulai membaik, namun jika masih diperpanjang, maka langkah pembutan rumah sakit khusus corona mesti direalisasikan.

“Kami menegaskan kepada Pemkot Yogyakarta untuk menginstruksikan kepada semua rumah sakit agar disiplin standar kesehatan, jika seseorang sudah berstatus ODP atau PDP, harus dikarantina agar tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat, seperti sudah terjadi di beberapa daerah. Kami juga minta pengadaan fasilitas kesehatan seperti cairan pembersih atau alat penyemprotan di tempat-tempat umum dan perkantoran lingkungan Pemkot Yogyakarta, karena sampai sekarang semua perkantoran masih aktif melayani masyarakat,” tutup Oleg Yohan. (AA)
 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. trusted indonesia furniture 17 Des 2020, 05:25:35 WIB

    Wah... webnya bagus sekali pak...
    produk clodi murah https://clodistore.com ~ grosir baju murah https://grosirbajuku.co.id

    cheap smm panel 21 Jan 2021, 18:47:02 WIB

    Wow, this piece of writing is good, my sister is analyzing
    these things, so I am going to convey her.

    ????? 25 Jan 2021, 09:02:30 WIB

    great submit, very informative. I ponder why the opposite experts of this sector don't realize this.
    You must continue your writing. I'm sure, you've a huge readers' base already!

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • ?????

    great submit, very informative. I ponder why the opposite experts of this sector ...

    View Article
  • cheap smm panel

    Wow, this piece of writing is good, my sister is analyzing these things, so I am ...

    View Article
  • futiguw

    http://mewkid.net/when-is-xuxlya3/ - Amoxicillin <a ...

    View Article
  • umuqupi

    http://mewkid.net/when-is-xuxlya3/ - Buy Amoxicillin <a ...

    View Article