Kemanunggalan TNI dengan Rakyat: Fondasi Kuat Pembangunan dan Pertahanan Negara

Kemanunggalan TNI dengan Rakyat: Fondasi Kuat Pembangunan dan Pertahanan Negara

Foto : TNI dengan Rakyat

Bersatunews Jakarta – Kemanunggalan TNI dengan rakyat adalah konsep yang menunjukkan hubungan yang harmonis, solid, dan sinergis antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan masyarakat Indonesia. Konsep ini berawal dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, di mana TNI berasal dari rakyat, berjuang bersama rakyat, dan demi kepentingan rakyat. Kemanunggalan TNI dengan rakyat juga menjadi dasar sistem pertahanan semesta, di mana TNI dan rakyat bersatu untuk mempertahankan kedaulatan dan keutuhan negara.

Salah satu bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat adalah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), yang bertujuan untuk membantu pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan kumuh. Program ini juga merupakan wujud pengabdian TNI yang dicintai rakyat, karena TNI tidak hanya berperan sebagai alat pertahanan negara, tetapi juga sebagai mitra pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Kemanunggalan TNI dengan rakyat adalah kekuatan bangsa Indonesia yang harus terus dijaga dan ditingkatkan. Dengan kemanunggalan ini, TNI dan rakyat dapat bersama-sama membangun bangsa dan negara yang maju, berdaulat, dan bermartabat.

Kemanunggalan TNI dengan rakyat gunanya buat bangsa dan negara adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yang terdiri dari berbagai suku, agama, budaya, dan wilayah . Dengan kemanunggalan ini, TNI dan rakyat dapat saling menghormati, menghargai, dan menjaga kerukunan antar sesama warga negara.
  • Membangun ketahanan nasional Indonesia, yang meliputi aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan. Dengan kemanunggalan ini, TNI dan rakyat dapat bersinergi dalam menghadapi berbagai ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG) yang mengancam kedaulatan dan keutuhan negara.
  • Mendorong pembangunan nasional Indonesia, yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Dengan kemanunggalan ini, TNI dan rakyat dapat berpartisipasi dalam berbagai program dan kegiatan yang mendukung peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan, dan pemberdayaan masyarakat. 🇮🇩🇮🇩🇮🇩 Anak Bangsa
Share

8 thoughts on “Kemanunggalan TNI dengan Rakyat: Fondasi Kuat Pembangunan dan Pertahanan Negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *