Deputi Gubernur BI: Rupiah Digital Siap Gantikan Uang Fiat, Namun Proses Bertahap dan Hybrid

Deputi Gubernur BI: Rupiah Digital Siap Gantikan Uang Fiat, Namun Proses Bertahap dan Hybrid

Bersatunews Jakarta – Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, mengungkapkan bahwa implementasi Central Bank Digital Currency (CBDC) atau Rupiah digital tidak akan dilakukan dalam tahun ini. Bank Indonesia sebagai regulator sedang dalam tahap uji validasi konsep atau desain bukti konseptual mengenai fungsionalitas Rupiah digital, yang memerlukan waktu yang cukup.

Pada sisi internal Bank Indonesia, mereka aktif mengamati perkembangan CBDC secara global dan belajar dari pengalaman negara-negara lain yang telah menerapkan CBDC, seperti di China dan Eropa. Meskipun masih dalam tahap uji konsep, Juda menegaskan bahwa Rupiah digital atau CBDC akan secara bertahap menggantikan uang fiat berbentuk uang kertas dan logam.

“Iya, itu akan menggantikan fiat money, tapi tentunya dilakukan secara bertahap dengan sifat hybrid. Nantinya, Rupiah digital akan berjalan bersamaan dengan uang fiat, dan pada akhirnya akan menjadi pengganti uang kertas atau uang logam yang kita miliki,” jelasnya.

Penting untuk dicatat bahwa CBDC adalah bentuk mata uang digital yang dikeluarkan oleh bank sentral suatu negara. Meskipun memiliki kesamaan dengan mata uang kripto, nilai CBDC ditetapkan oleh bank sentral dan setara dengan mata uang fiat negara tersebut.

Sementara proses implementasi masih dalam pengembangan, Bank Indonesia menunjukkan kesiapan untuk mengikuti tren global dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi keuangan. Rupiah digital diharapkan dapat memberikan solusi inovatif untuk transaksi keuangan yang lebih efisien dan terukur di masa depan.

Share

One thought on “Deputi Gubernur BI: Rupiah Digital Siap Gantikan Uang Fiat, Namun Proses Bertahap dan Hybrid

  1. This is really interesting, You’re an excessively skilled blogger.
    I’ve joined your feed and look forward to seeking more of your great
    post. Additionally, I’ve shared your web site in my social networks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *