Armada Udara Rusia Terpukul Telak: Ukraina Klaim Keberhasilan Menakjubkan dalam Pertempuran Udara

Armada Udara Rusia Terpukul Telak: Ukraina Klaim Keberhasilan Menakjubkan dalam Pertempuran Udara

Bersatunews Jakarta – Ukraina tengah mengalami momentum positif dalam pertempuran udara melawan Rusia, dengan klaim berhasil menembak jatuh 13 pesawat tempur Rusia dalam sebulan terakhir. Kemenangan ini mencakup 10 unit Sukhoi Su-34, dua unit Sukhoi Su-35, dan satu unit pesawat mata-mata A-50. Keberhasilan ini tidak hanya mengukuhkan posisi Ukraina dalam pertempuran udara, tetapi juga menggambarkan dampak signifikan terhadap armada pesawat Rusia.

Pencapaian terbaru Ukraina mencakup penembakan jatuh tiga pesawat pembom tempur Sukhoi Su-34 dalam satu hari, meningkatkan total pesawat Rusia yang berhasil dihancurkan menjadi 13 unit. Mengingat bahwa Su-34 dianggap sebagai pembom tempur terbaik Rusia dan memiliki nilai sekitar USD 50 juta, dampak ekonomis dan strategis dari keberhasilan ini sangat besar. Keberhasilan Ukraina dalam melawan pesawat Rusia juga menjadi sorotan, di mana Kementerian Pertahanan Ukraina mengklaim bahwa dengan 13 pesawat hancur dalam 12 hari, mereka telah membuktikan kelemahan pesawat Rusia.

Meskipun Ukraina mencatat kemenangan dalam pertempuran udara, tantangan lain tetap ada. Pasukan Ukraina terpaksa bertahan dan mengalami kemunduran di beberapa wilayah. Paska-penaklukan Avdiivka oleh Rusia, Ukraina mengalami kesulitan dengan pasukan yang semakin berkurang dan pasokan senjata yang terhenti. Keberhasilan di langit tidak dapat mengabaikan kenyataan bahwa Ukraina masih membutuhkan dukungan internasional, khususnya dari Amerika Serikat, untuk memastikan kemajuan di medan perang dan mempertahankan diri.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menyoroti kebutuhan bantuan AS senilai USD 60 miliar untuk menghadapi tantangan tersebut. Tanpa dukungan ini, Ukraina tidak hanya akan mengalami kesulitan mencapai kemajuan di medan perang, tetapi juga menghadapi kesulitan serius dalam mempertahankan diri. Kini, nasib Ukraina terkait dengan respons dan dukungan internasional, dan situasinya menciptakan urgensi untuk memastikan keberlanjutan upaya pertahanan mereka.
(Sumber Detikinet).

Share

One thought on “Armada Udara Rusia Terpukul Telak: Ukraina Klaim Keberhasilan Menakjubkan dalam Pertempuran Udara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *