Aplikasi Facebook Messenger Lite akan ditinggal

Aplikasi Facebook Messenger Lite akan ditinggal

Foto : Aplikasi Facebook Messenger Lite

Bersatunews Jakarta – Aplikasi perpesanan instan Facebook Messenger Lite telah dihentikan untuk ponsel pintar dengan ruang terbatas. Aplikasi pesan instan juga populer di Indonesia. Aplikasi Messenger Lite untuk Android tidak lagi tersedia untuk diunduh mulai 21 Agustus dan akan dihentikan seluruhnya pada bulan September kata juru bicara Meta.

Pengguna Messenger Lite yang membuka aplikasi akan menemukan kata-kata untuk melanjutkan obrolan menggunakan Messenger. Ini berarti pengguna Messenger Lite perlu menggunakan aplikasi Messenger versi reguler. Tapi aplikasinya masih berfungsi. Mulai 21 Agustus pengguna yang mengakses aplikasi Messenger Lite di Android akan dialihkan ke Messenger atau Facebook Lite kata CompassTechno dari TechCrunch mengutip juru bicara Meta pada Jumat 25 Agustus 2023 (25/8) untuk mengirim dan menerima pesan di Messenger.

Aplikasi Messenger Lite untuk Android tidak lagi tersedia di Google Play Store. Bahkan pengguna aktif Messenger Lite akan kehilangan akses ke aplikasi setelah 18 September menurut Meta. Meta juga telah menghentikan aplikasi Messenger Lite di iOS (pengguna iPhone) sejak tahun 2020. Salah satu opsi yang memungkinkan adalah menggunakan Facebook Lite untuk mengakses Messenger Lite. Pengguna setidaknya masih dapat mengakses pesan mereka di dalam aplikasi.

Messenger Lite sebagai informasi pertama kali dirilis pada tahun 2016. Aplikasi ini tidak berbeda dengan versi Messenger biasa. Fitur kikuk telah dihapus dari aplikasi. Secara keseluruhan menurut firma analis data.ai Messenger Lite telah diunduh 760 juta kali di seluruh dunia. India memiliki pangsa pasar terbesar disusul Brazil dan india. Amerika Serikat menempati peringkat kedelapan dalam jumlah unduhan.

Pengguna Reddit tahu bahwa Messenger Lite tidak tersedia. Seorang pengguna di forum online Reddit pertama kali menyadari pemadaman tersebut. Menurut unggahan Messenger Lite tidak lagi tersedia di toko aplikasi resmi Google Play.

ÔÇťAplikasi ini (Messenger Lite) sudah tidak tersedia lagi di Play Store. Seorang pengguna dengan nama pengguna @andree182 mengatakan bahwa aplikasi tersebut hanya menampilkan pesan yang mengatakan bahwa aplikasi Facebook Lite sangat bagus. Berdasarkan pantauan KompasTekno aplikasi Messenger Lite tidak muncul saat melakukan pencarian di kolom pencarian (The Search). Pengguna disarankan mengunduh aplikasi Messenger atau Facebook Lite versi non-lite.

Messenger Lite juga mengambil pendekatan minimalis dan ringan. Istilah ringan di atas menandakan bahwa ukuran aplikasinya kecil dan fungsi serta fitur yang ditawarkan pun sederhana. Ukuran aplikasi Messenger Lite kurang dari 10 MB dibandingkan dengan ukuran file aplikasi. Sementara itu aplikasi Messenger pada umumnya bisa berukuran hingga 40MB. Messenger Lite dinilai cocok digunakan di negara dengan koneksi internet lambat.

Share

10 thoughts on “Aplikasi Facebook Messenger Lite akan ditinggal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *