Pemakzulan Presiden Inkonstitusional Adalah Tindakan Makar

Pemakzulan Presiden Inkonstitusional Adalah Tindakan Makar

Bersatunews Jakarta – Istilah pemakzulan presiden saat menjadi viral di dunia maya. Hal ini lantaran munculnya aksi ratusan mahasiswa berunjuk rasa di dekat Istana Negara, Jakarta Pusat, salah satunya untuk menuntut pemakzulan Presiden Jokowi. Sebelumnya hal yang sama, sekelompok masyarakat yang disebut Petisi 100 juga meminta pemakzulan Presiden Jokowi.

Sebenarnya apa pemakzulan presiden itu ?. Pemakzulan presiden adalah sebuah proses yang dilakukan untuk memberhentikan seorang presiden atau wakil presiden dari jabatannya karena terbukti melakukan pelanggaran hukum yang serius seperti pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, atau perbuatan tercela lainnya serta sudah tidak memenuhi syarat lagi sebagai presiden.

Proses pemakzulan membutuhkan waktu yang lama dan melibatkan beberapa lembaga, seperti DPR, MK, dan MPR dan harus memenuhi syarat-syarat yang diatur dalam Pasal 7A dan Pasal 7B UUD 1945. Pemakzulan presiden hanya bisa dilakukan jika mendapat dukungan sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah anggota DPR yang hadir dalam sidang paripurna yang dihadiri oleh sekurangkurangnya 2/3 dari jumlah anggota DPR.

Pemakzulan presiden bukanlah tindakan yang bisa dilakukan dengan seenaknya. Prosesnya harus sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam konstitusi. Pemakzulan harus dilakukan dengan dasar yang kuat dan bukti yang jelas mengenai pelanggaran yang dilakukan oleh Presiden. Ini penting agar pemakzulan tidak menjadi alat untuk menjatuhkan pemerintahan yang sah dan menggantikannya dengan kekuasaan yang tidak demokratis.

Pemakzulan harus melalui proses yang transparan dan adil. Pihak-pihak yang terlibat dalam pemakzulan harus memberikan kesempatan kepada Presiden untuk membela diri dan mengajukan bukti pembelaan. Keputusan mengenai pemakzulan Presiden harus didasarkan pada kehendak rakyat yang diwakili oleh DPR. Tindakan pemakzulan yang dilakukan tanpa alasan yang kuat dan melanggar prosedur yang ditentukan dapat dianggap sebagai tindakan makar.

Dalam konteks pemakzulan presiden, penting untuk menghindari politisasi dan penggunaan pemakzulan sebagai alat politik untuk mencapai kepentingan tertentu, Pemakzulan harus dilakukan dengan itikad baik dan semata-mata untuk menjaga kestabilan dan keadilan dalam sistem pemerintahan. Oleh karena itu, proses pemakzulan harus mengedepankan prinsip-prinsip demokrasi, supremasi hukum, keadilan dan mematuhi aturan yang berlaku serta melalui mekanisme yang telah ditetapkan dalam UUD 1945.

Apabila pemakzulan presiden dilakukan secara inkonstitusional, yaitu tanpa mengikuti mekanisme yang ditetapkan dalam UUD 1945, maka hal tersebut dapat dianggap sebagai tindakan makar. Tindakan ini dapat diancam dengan pidana sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam KUHP, Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk berhati-hati dan tidak terlibat dalam permufakatan jahat untuk melakukan makar atau menggulingkan pemerintah yang sah.

Share

11 thoughts on “Pemakzulan Presiden Inkonstitusional Adalah Tindakan Makar

  1. Today’s industrial landscape is altering, with various entrepreneurs typically contemplating whether to sell their ventures. It’s a momentous decision, requiring thoughtful thought and targeted planning. Among the slew of considerations, one prevails out: the importance of a enlightened broker.

    A experienced broker extends more than just recordings or buyer connections. They offer intuitions received owing to stretches among this discipline, apprehending the subtleties of judgments, chats, and also this sales-related procedure.

    Further, they can give a down-to-earth perspective on the market’s existing state and how your business aligns within that context.

    Yet, together with a overabundance of deal brokers out there, how does one opt for? It’s paramount to conduct meticulous analysis and confer with multiple contenders before making a decision.

    [url=https://tambaymergers.com/blog/6-ways-to-prepare-for-successful-sale-of-your-business]business brokers tampa florida[/url]
    [url=https://55a.it/index.php/contatti-55a.html?r_id=1905093414&task=display&pf=1&lang=en]An Comprehensive Look at into the Tampa Prize-Winning Company Agents[/url] a2468ee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *