Polandia Takut Invasi Wagner Inilah Jawaban Amerika

Polandia Takut Invasi Wagner Inilah Jawaban Amerika

Foto : Polandia telah mengerahkan 1.000 tentara di dekat Belarusia di tengah kekhawatiran akan serangan tentara bayaran Grup Wagner Rusia. Namun

Anggota NATO Polandia telah mengumumkan pengerahan 1.000 tentara ke perbatasan dengan Belarusia. Ini terjadi ketika Warsawa takut akan serangan tentara bayaran Rusia. Grup Wagner. Namun AS tidak memandang kehadiran Wagner di Belarusia sebagai ancaman bagi sekutu NATO.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan pada hari Selasa bahwa kami tidak mengetahui adanya ancaman khusus yang ditimbulkan Wagner ke Polandia atau sekutu NATO kami yang lain. Namun Kirby mengatakan AS terus memantau perkembangan.

Dan tentu saja seperti yang dikatakan Presiden Joe Biden kami berkomitmen pada Pasal V dan kami akan melindungi semua bagian wilayah NATO. Tetapi sekali lagi dia mengatakan tidak ada keraguan bahwa Wagner merupakan ancaman bagi aliansi NATO mengacu pada klausul bantuan timbal balik dari piagam NATO.

Komentar Kirby muncul setelah Polandia mengumumkan akan mengerahkan 1.000 orang bersenjata ke perbatasan Belarusia mengutip kehadiran tentara bayaran Wagner di dekat Celah SuwaƂki.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan dalam pidatonya pada hari Sabtu bahwa kedatangan lebih dari 100 Wagnerists yang dikenal sebagai Wagnerists di Grodno tidak diragukan lagi ditujukan untuk serangan hibrida yang akan segera terjadi di wilayah Polandia.

Warsawa juga mengumumkan bahwa jumlah pasukan Polandia akan digandakan dari 172.000 menjadi 300.000. Senator Polandia Michael Kaminski mengatakan kepada media Ukraina pada hari Senin bahwa semua Wagnerist yang menyerang Polandia harus melawan pasukan AS dan dibawa kembali ke kantong mereka.

Pada akhir Juni Wagner mengusulkan tindakan singkat terhadap tentara Rusia. Presiden Belarusia Alexander Lukashenko melanggar kesepakatan di mana kelompok militer swasta Rusia setuju untuk menghentikan pemberontakan.

Menurut Kirby AS percaya beberapa anggota Wagner telah pergi ke Afrika sementara yang lain mungkin masih berada di Ukraina: Kami yakin beberapa telah pergi ke Belarusia katanya. Lukashenko dikutip oleh Rusia hari ini dan pada Rabu (2/8/2023) mengatakan bahwa baik Belarusia maupun Wagner tidak ingin menyerang Polandia.

Saya mendengar bahwa Polandia baru-baru ini menjadi gila karena satu unit yang terdiri dari sekitar 100 orang pindah ke sini katanya kepada wartawan. Lukashenko membantah bahwa ada unit Wagner yang sebenarnya berlokasi di Grodno atau Brest.

Ingin mengunjungi Wagner bulan lalu Wagner mengatakan komentarnya ke Warsawa hanyalah lisan karena Polandia berfungsi sebagai pusat utama upaya NATO untuk memasok Ukraina dengan senjata dan amunisi.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *