WhatsApp meluncurkan fitur pesan instan video dan Indonesia telah menerimanya

WhatsApp meluncurkan fitur pesan instan video dan Indonesia telah menerimanya

Foto : Kantor WhatsApp

Bersatunews. WhatsApp telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk merekam dan berbagi video atau klip pendek sebagai pesan. Fitur bernama Pesan Video Instan dapat dikirim langsung oleh pengguna dalam grup atau sebagai obrolan pribadi.

Kehadiran fitur video messaging WhatsApp ini diumumkan langsung oleh induk WhatsApp Meta melalui situs resminya. Kami sangat bersemangat untuk mengembangkan fitur perpesanan instan video baru. Kini Anda bisa merekam dan membagikan video pendek pribadi langsung dari chat room kata Meta dalam situs resminya Jumat (28/7/2023).

Menurut Meta fitur ini akan menjadi cara yang menyenangkan bagi pengguna untuk berbagi momen melalui video seperti mengucapkan selamat ulang tahun sambil menertawakan sesuatu atau berbagi kabar gembira.

Pada fitur ini pengguna dapat merekam video hingga 60 detik (yaitu 1 menit). Mekanisme fitur ini tidak melalui tombol kamera WhatsApp seperti saat pengguna ingin merekam video. Namun Anda dapat mengakses fitur pesan instan video melalui memo suara atau tombol pesan suara.

Oleh karena itu WhatsApp menyediakan tombol hijau untuk merekam pesan video di sebelah bar untuk menulis pesan. Awalnya tombol ini hanya bisa digunakan untuk merekam audio namun kini WhatsApp mengubahnya menjadi tombol untuk merekam video atau pesan suara.

Secara default rekaman ini akan menampilkan ikon audio. Kemudian pengguna dapat mengganti tombol ke mode untuk merekam video.

Seperti disebutkan di atas mengirim pesan video di WhatsApp mirip dengan mengirim pesan suara. Berikut langkah-langkahnya: Tekan lama tombol rekam di sebelah bilah pesan WhatsApp untuk beralih ke mode perekaman video.

Tekan dan tahan tombol untuk merekam video (tekan dan tahan). Pengguna dapat menggesek ke atas untuk merekam video bebas genggam yang berarti tidak perlu menekan tombol lain untuk merekam. Tekan tombol kirim.

Video kemudian ditampilkan sebagai bingkai melingkar di halaman obrolan. Video juga akan diputar secara otomatis tetapi saat pengguna mengklik tombol putar pada pesan video mereka akan mendengar suara dari video baru tersebut. Meta mengklaim bahwa pesan video dilindungi oleh enkripsi end-to-end seperti pesan WhatsApp lainnya. Ini dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga keamanan pesan pengguna. Anda juga dapat membalas pesan video seperti halnya pesan teks.

Namun pesan ini tidak dapat diteruskan ke pengguna lain. Fitur pesan video telah diluncurkan secara global oleh WhatsApp. Namun seperti fitur WhatsApp baru lainnya ini akan dilakukan secara bertahap hingga tersedia. Berdasarkan pantauan, fungsi pesan video secara bertahap juga tersedia di Indonesia. Pasalnya banyak tim KompasTekno yang belum mendapatkan fitur ini. Dapatkan update berita harian dan kurasi berita dari Kompas.com.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *